Tak Terima Ditegur Saat Merokok Sambil Berkendara, Seorang Pemotor di Bandung Ngamuk

  • Share
Tak Terima Ditegur Pemotor Merokok Ngamuk
Tangkapan layar video pengendara sambil merokok yang ngamuk karena ditegur. Dok. inilahbandung.com

PojokViral.com – Ramai di media sosial sebuah video seorang pengendara motor yang merokok sambil berkendara ngamuk saat ditegur oleh pengendara lain. Kejadian ini terjadi di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, pada hari Selasa(11/6) kemaren.

Kejadian ini bermula saat korban yang bernama Kris(35) tengah mengantar anaknya sekolah di Riung Bandung sekitar pukul 06.30.

“Saat tiba sebelum jembatan, tepatnya seberang Apartemen Panoramic terlihat bapak tersebut berkendara sambil merokok dan membuang abu rokok dan mengenai kaca helm saya,” ungkap Kris saat ditemui di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Viral 4 Remaja Buat Video Hina Korban Genosida Palestina

Karena merasa terganggu Kris pun langsung menegur pengendara yang merokok tersebut, namun pengendara itu tidak terima dan meminta Kris untuk menepi. Terlihat dalam video pengendara itu malah malah marah-marah sampai menantang Kris.

“Kamu cari masalah, kalau kamu diem, orang lain diam ga ada yang punya masalah,” kata pemotor yang merokok dalam video tersebut.

Dalam Video yang beredar, bukanya merasa salah dan minta maaf,  pemotor yang merokok tersebut malah dengan sengaja menunjukkan dan beberapa kali mengisap rokoknya dengan ankuh.

“Setelah menepi, saya dan bapak itu kembali cekcok dan bapak tersebut malah mengatakan aturan dari mana berkendara dilarang merokok dan aturan dari mana polisi melarang pengendara dilarang merokok,” jelas Kris.

Baca Juga: Kronologi Bos Rental Mobil Dianiaya Warga Hingga Tewas di Pati

Padahal dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UU LLAJ) Pasal 106 ayat 1 sudah jelas tertulis bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor harus mengemudikan kendaraan dengan wajar dan penuh konsentrasi. Dan merokok sambil berkendara merupakan salah satu tindakan yang menganggu konsentrasi berkendara. Selain itu, merokok sambil berkendara juga membahayakan pengendara lain.

Jika melanggar pasal tersebut, maka pelaku bisa dikenakan sanksi sesuai pasal 283 Undang-undang No 22 tahun 2009, yaitu pidana kurungan paling lama 3(tiga) bulan atau denda paling banyak Rp. 750.000.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *