Skip to main content

Viral di Medsos Penyebab Tsunami Aceh Dipicu Nuklir, BMKG Paparkan Fakta Aslinya

Pojokviral
Di media sosial beredar informasi yang menyebutkan penyebab Tsunami Aceh 2004 adalah bom nuklir. Menanggapi hal itu Koordinator BMKG Daryono mengatakan bahwa hal tersebut adalah tidak benar.

Ia menjelaskan, penyebab tsunami Aceh tahun 2004 silam adalah dipicu oleh gempa tektonik, bukan rekayasa senjata nuklir sebagaimana yang kini viral di media sosial tersebut.

"Bukti ilmiah sangat kuat bahwa Tsunami Aceh memang dipicu oleh gempa tektonik, bukan dipicu oleh ledakan nuklir seperti isu yang beredar," kata Daryono di Jakarta, Selasa (13/3/2021).

Bukti-bukti dipicu oleh gempa yakni dari data rekaman getaran tanah dalam seismogram menunjukkan adanya rekaman gelombang badan (body) berupa gelombang P (Pressure) yang tercatat tiba lebih awal dibandingkan gelombang S (Shear) yang datang berikutnya, yang selanjutnya diikuti oleh gelombang permukaan (surface).

Ia menjelaskan, munculnya fase-fase gelombang body ini menjadi bukti kuat bahwa gempa dan tsunami Aceh dipicu oleh aktivitas tektonik, bukan ledakan nuklir.

Munculnya gelombang S (Shear) yang kuat pada seismogram menunjukkan bahwa deformasi yang terjadi di Samudra Hindia sebelah barat Aceh adalah proses pergeseran (shearing) yang terjadi secara tiba-tiba pada kerak bumi akibat terjadinya patahan batuan dalam proses gempa tektonik, bukan akibat ledakan nuklir.

Deformasi dasar laut di Samudra Hindia sebelah barat Aceh pada 26 Desember 2004 adalah gempa tektonik yang dibuktikan dengan adanya variasi bentuk awal gelombang P berupa gerakan kompresi (naik) dan dilatasi (turun) pada seismogram yang tercatat di stasiun-stasiun seismik BMKG.

Sebelumnya, di media sosial beredar informasi yang menyebutkan penyebab tsunami Aceh 2004. Informasi itu beredar di media sosial Facebook. Dalam unggahan itu disebutkan bahwa tsunami yang terjadi Aceh bukan karena gempa bumi, melainkan bom nuklir bawah laut.

Unggahan tersebut juga menyertakan sebuah video penjelasan dari Jerry D Gray. Mengenai penyebab Tsunami Aceh 2004 adalah bom nuklir, BMKG pun menyatakan hal itu tidak benar adanya

Sumber: Antara