Skip to main content

Tak Pakai Masker, Oknum Perangkat Desa Terjaring Operasi Prokes Covid-19

Pojokviral
Tim Gugus Kecamatan Jatinom terpaksa memberikan teguran kepada seorang oknum perangkat desa Kabupaten Boyolali setelah terjaring razia operasi patuh protokol kesehatan Covid-19 di wilayah Jatinom, pada Rabu (17/3/2021).

Hal itu dilakukan lantaran yang bersangkutan tertangkap basah keluar rumah mengendarai motor dinasnya tanpa menggunakan masker. 

Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas ternyata yang bersangkutan oknum perangkat desa.

Kapolsek Jatinom, Klaten AKP Prawito mengatakan, dalam operasi gabungan Polri, TNI dan petugas Trantib Kecamatan setempat sebenarnya mendapati 5 orang pelanggar yang tidak memakai masker.

Dari jumlah itu, 1 pelanggar di antaranya oknum perangkat desa tersebut. Setelah ditegur karena tidak menggunakan masker yang bersangkutan diberi masker gratis dari petugas.

“Operasi yustisi ini kita laksanakan setiap hari melibatkan petugas gabungan Polri, TNI dan Petugas Trantib dari Kecamatan Jatinom. Dalam operasi ini salah satunya penegakan disiplin memakai masker,” terangnya, Kamis (18/3/2020).

Kapolsek menegaskan, selain di jalan raya, petugas juga melakukan penegakan prokes di Pasar Jatinom. Di pasar tersebut, pihaknya juga mendapati banyak pedagang dan pengunjung yang membawa masker namun tidak dipakai dengan alasan sulit bernafas.

“Fokus kami sampai saat ini memang masih pada penegakan prokes. Karena banyak masyarakat yang menganggap bahwa pandemi sudah berakhir dan beraktivitas seperti biasa. Nah, kami mencoba menyadarkan kalau pandemi belum berakhir dan masyarakat wajib mematuhi prokes,” tegasnya.

Dengan upaya tersebut, ia berharap, masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19. Kapolsek mengingatkan bahwa pandemi masih berlangsung, jangan sampai masyarakat menyepelekan penyebaran virus ini. Sebab, dampaknya akan lebih luas apabila prokes ini tidak dilakukan dengan baik. 

Sumber: faktapersid