Kuliner Penuh Gairah: Menyantap Ragam Kuliner Khas Destinasi di Sulawesi

  • Share
source: ihwal.id

PojokViral.com – Sulawesi, sebagai salah satu pulau besar di Indonesia, tidak hanya kaya akan budaya dan keindahan alam, tetapi juga ragam kuliner yang menggugah selera. Setiap daerah di Sulawesi memiliki keunikan tersendiri dalam menciptakan sajian kuliner yang penuh gairah dan cita rasa. Dalam artikel ini, kita akan menelusuri beberapa hidangan khas dari beberapa daerah di Sulawesi yang wajib Anda cicipi.

Coto Makassar: Rahasia Gurih dari Selatan

source: ihwal.id

Kota Makassar, terkenal dengan hidangan bernama Coto Makassar. Sajian ini terbuat dari potongan daging sapi yang direbus dalam waktu yang lama bersama dengan kaldu yang kaya rempah. Yang unik dari Coto Makassar adalah penggunaan kacang tanah yang ditumbuk halus sebagai salah satu bumbu dasarnya, memberikan tekstur dan rasa yang khas. Biasanya disajikan dengan burasa atau ketupat dan taburan bawang goreng, membuat setiap suapan menjadi pengalaman kuliner yang menggugah selera.

Konro Bakar: Aroma Pelepas Dahaga dari Bone

Beranjak ke Kabupaten Bone, Konro Bakar menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan. Iga sapi yang telah dimasak dengan bumbu khusus kemudian dibakar hingga aroma bakarannya begitu pekat dan mengundang selera. Kuliner ini seringkali disajikan dengan saus kacang yang pedas dan manis, serta ditambahkan perasan jeruk limau untuk menambah kesegaran rasa. Konro Bakar ini tak hanya menggoda lewat tampilannya yang menggiurkan namun juga lewat aromanya yang khas.

Pallubasa: Keunikan Kelapa di Jantung Makassar

Pallubasa serupa dengan Coto Makassar tetapi dengan perbedaan yang jelas. Pallubasa menggunakan parutan kelapa yang dibakar sebagai bumbu utama yang memberikan rasa gurih yang kuat dan sedikit aroma karamel. Daging sapi atau kerbau yang sudah empuk berpadu sempurna dengan kaldu santan yang kaya. Sajian ini biasanya ditaburi dengan bawang goreng dan sambal yang pedas, menjadikannya sajian yang hangat dan menggiurkan.

Baca Juga: Menginap dengan Nyaman: Review 5 Hotel Terbaik di Bandung untuk Liburan Anda

Milu Siram: Kesegaran Seafood Khas Gorontalo

Di Gorontalo, Milu Siram adalah hidangan yang tidak boleh terlewatkan. Terbuat dari berbagai jenis seafood seperti ikan, udang, dan cumi yang disiram dengan kuah santan yang ringan namun kaya rasa. Ketumbar, serai, dan daun kemangi adalah beberapa bumbu yang memberikan sentuhan eksotis dan kesegaran tersendiri pada hidangan ini. Milu siram biasanya disajikan panas dengan nasi hangat atau papeda, memberikan kepuasan tersendiri bagi pencinta seafood.

Dabu-dabu: Sambal Segar Manado

Memasuki Manado, sambal Dabu-dabu adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Terbuat dari tomat segar, bawang merah, cabai, dan perasan jeruk nipis, sambal ini menjadi pendamping yang sempurna untuk hampir setiap hidangan, terutama seafood. Rasa pedas dan segar dari Dabu-dabu menambah kekayaan rasa dari hidangan utama.

Tinutuan: Bubur Manado yang Menghangatkan

Tinutuan, atau lebih dikenal sebagai Bubur Manado, adalah campuran sayuran segar dan beras yang dimasak hingga lembut. Bubur ini sering kali disajikan sebagai sarapan dan dianggap sebagai sajian yang memberikan energi dan kehangatan. Jagung, bayam, kangkung, dan basil adalah beberapa sayuran yang biasa ditambahkan untuk membuat bubur ini kaya nutrisi dan rasa.

Setiap hidangan yang disebutkan di atas tidak hanya tentang rasa, namun juga cerminan dari kekayaan budaya dan tradisi kuliner yang dimiliki oleh masyarakat Sulawesi. Menyantap ragam kuliner ini, sama halnya dengan mengambil bagian dalam perayaan gairah yang ada dalam setiap resep dan sajian yang dibuat. Jadi, saat berwisata ke Sulawesi, jangan lewatkan pengalaman kuliner yang tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberi pengalaman yang tidak terlupakan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *