Skip to main content

Mirip di New Zealand, Begini Keindahan Pantai Meganti Kebumen

Pojokviral
Baru-baru ini viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah pantai di Kebumen,  Jawa Tengah yang keindahannya disebut-sebut mirip New Zealand atau Selandia Baru. 

Keindahan pantai tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun TikTok bernama @mistersuu pada Minggu (14/4).

Dalam video berdurasi singkat tersebut memperlihatkan keindahan Pantai Menganti yang disebut-sebut mirip seperti di Selandia Baru. 

"Beberapa dari kalian mungkin masih asing atau belum mendengar nama Kebumen. Sebuah kota kecil yang ada di Jawa Tengah. Kebumen memang tidak tersohor selayaknya Jogja, Bali atau Lombok. Tapi siapa sangka di sini tersembunyi surga kecil bernama Pantai Menganti yang keindahannya disebut-sebut sebagai New Zealand-nya Indonesia," tulis keterangannya dalam video tersebut.

Pantai Menganti menawarkan keindahan yang tidak biasa, karena terdapat tebing-tebing karst yang menjulang tinggi di sekitarnya.

"Menganti menawarkan keindahan pantai yang tidak biasa, pantai ini diapit oleh tebing karst yang merupakan salah satu jejak gunung api purba di pesisir selatan Pulau Jawa," lanjutnya. 

Pantai Menganti menjadi salah satu pantai terindah yang ada di Pulau Jawa. Hal ini dikarenakan kamu akan dimanjakan dengan keindahan pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Tak hanya itu, perbukitan hijau di sekelilingnya menjadi pelengkap keindahan pantai ini.

Selain pantai dan perbukitan hijau, dari timur pantai ini wisatawan juga bisa menemukan keindahan Tanjung Karangbata yang letaknya menjorok ke laut. Tanjung ini mirip seperti yang ada di Uluwatu atau Nusa Penida. 

Salah satu spot foto menarik di Pantai Menganti adalah dari atas Tebing Keteb Widadari. Dari sini terlihat pemandangan pesisir yang eksotis dengan pantai berpasir putih, serta air yang berwarna biru turquoise.

Selain itu, Bukit Sigate menjadi spot untuk wisatawan menikmati keindahan Pantai Menganti. Di sini kamu bisa menyewa gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan Pantai Menganti.

Di sebelah Bukit Sigate juga ada Lembah Menguneng yang menawarkan berbagai aktivitas dari atas ketinggian, seperti balon udara hingga sepeda gantung.

Letak Pantai Menganti sendiri berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Atau berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Untuk menikmati keindahan pantai ini pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 15 ribu saja per orang. Selain itu, fasilitas di pantai ini juga terbilang cukup lengkap, karena sudah ada penginapan yang bisa disewa wisatawan.

Keindahan Pantai Menganti pun menuai beragam komentar netizen di media sosial.

"BALI nya jawa, Raja Ampat nya Jawa dan satu lagi New Zealand nya Indonesia Daebak, bangga gw jadi orang Kebumen," tulis pemilik akun bernama Saafi.

"Kebumen hadir, walau kota kecil tapi banyak pesona alam yang indah," tulis pemilik akun lainnya.

Sumber: Kumparan