Skip to main content

Habiskan Anggaran 200 Juta, Jembatan ini Jadi Sorotan Netizen

Pojokviral
Jembatan di Desa Wadak Kidul, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik,  Jawa Timur menjadi sorotan publik. Pasalnya, jembatan desa dengan panjang dan lebar empat meter tersebut nilai proyeknya mencapai Rp 200 juta.

Keberadaan jembatan tersebut sempat viral. Hal ini karena belum satu jam sudah disukai 188 akun, dan dibanjiri komentar dari warganet.

“Saat membangun barangkali di bawah jembatan dilapisi emas. Positive thinking aja wes,” ujar salah satu warga yang enggan disebut namamya, Kamis (18/03/2021).

Masih menurut warga tersebut, dirinya mempersilakan para insinyur bangunan melihat meraba struktur tanah di lokasi sebelum jembatan

Jembatan yang menghubungkan jalan desa dengan area tambak milik warga, merupakan jalan alternatif menuju ke Desa Bendungan. 

Tidak banyak pengendara yang memanfaatkan jembatan tersebut, kecuali petani tambak.

Menanggapi hal ini, Kepala Desa Wadak Kidul, Moh Hamam menuturkan, jembatan tersebut sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) tahun 2020. Dana sebesar itu diambil dari BK (Bantuan Khusus) tahun anggaran 2020.

“Jembatan selesai dibangun pada akhir tahun 2020. Proses pengerjaannya selama tiga bulan. Bangunannya ada RAB-nya. Kasi Pembangunan Kecamatan Duduksampeyan dan Dinas PUPR-TR Gresik juga sudah tahu,” ungkapnya.

Hamam juga membenarkan jembatan tersebut memang menghabiskan anggaran Rp 200 juta. Hal ini karena kondisi tanah di daerah tersebut labil. Karena area tambak sehingga membutuhkan pondasi yang kuat.

“Anggaran diambil dari BK, pagunya Rp 200 juta. Panjang 4 meter lebar 4 meter. Kedalamnya 1,5 meter ditambah paku bumi biar lebih kuat dan tahan lama,” kata Moh Hamam
Sumber: inigresik